Tabel Referensi adalah tabel-tabel yang dipergunakan sebagai tempat pembuatan dan pengaturan kode-kode. Pada aplikasi ini terdiri dari :

1. Pelanggan
2. Kode ICD / Penyakit
3. Kode Terapi
4. Inventory Obat / Barang
5. Kode Tarif

Tabel-tabel referensi ini dapat dilihat pada sub menu dibawah menu file.


Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing tabel tersebut.

1. Pelanggan.

Tabel referensi pelanggan berisi informasi dari semua perusahaan pelanggan, termasuk asuransi dan keluarga pelanggan yang sudah terikat kontrak kerjasama dengan dokter sehingga mereka tidak perlu melakukan pembayaran secara langsung setiap kali diperiksa.


  • No. Pelanggan
    Setiap pelanggan harus dibuatkan Nomor Pelanggan (Kode Pelanggan) yang unik. Ukurannya maksismum adalah 10 huruf (numerik dan alfabet)

  • Nama Pelanggan
    Nama Pelanggan adalah nama perusahaan yang menjadi pelanggan atau nama keluarga yang menjadi pelanggan (bagi dokter keluarga).

  • Jenis Pelanggan
    Jenis Pelanggan terbagi menjadi dua, yaitu perusahaan dan keluarga.

  • Alamat
    Alamat lengkap pelanggan, terbagi menjadi dua baris.

  • Status Aktif
    Beri tanda jika pelanggan ini masih aktif status kerjasamanya.

  • Up. Tagihan
    Nama yang akan tertera pada printout lembar tagihan (Invoice).

2. Kode ICD

Form ini berisi kode ICD-10 dan keterangan ICD-10 sesuai dengan yang ada di buku ICD dari WHO. Seharusnya tidak ada yang perlu di ubah di sini. Hanya saja jika ada yang akan ditambahkan dokter tersedia fasilitas penambahan kode penyakit dan status 'Bukan ICD'.
 
3. Kode Terapi

Form ini berisi kode terapi pengobatan yang berusaha dibakukan. Fasilitas ini dimaksudkan untuk membantu dokter dalam melakukan studi mengenai cara penanganan suatu masalah kesehatan dengan memberikan kode terapi yang baku pada pasien yang dimonitor kesembuhan / perkembangan kesehatannya.

 
4. Inventory Obat

Terdapat fasilitas inventory obat yang sederhana pada program aplikasi ini, dengan tujuan utama untuk memudahkan dokter memonitor sisa persediaan obatnya. Sistem inventory benar-benar sangat sederhana, tidak ada tampilan kartu stock yang canggih dan rumit, sistem perhitungan Harga Pokok Penjualan dan fasilitas lainnya seperti yang biasa ada dalam sistem inventory. Tujuannya benar-benar hanya untuk memonitor sisa persediaan obat.



 
  • Kode Obat
    Semua kode obat harus diawali dengan huruf 'O', sisanya yang dianjrukan adalah penggalan dari nama obat yang dimaksud, jika perlu dilanjutkan dengan angka yang menunjukkan dosisnya atau kandungannya. Seperti misalnya : OPAR250 (Paracetamol 250mg), OAMO250 (Amoxicilyn 250mg), OAMO500 (Amoxicilyn 500mg), dst. Mana saja yang mudah menurut anda.

  • Harga Jual
    Harga Jual adalah harga satuan jual terkecil (tablet, kapsul, dll) yang akan muncul secara otomatis di layar Billing Pasien, namun demikian harga tersebut masih dapat diubah sesuai dengan yang dikehendaki di layar Billing.

  • Harga Pokok
    Harga Pokok adalah sekedar informasi mengenai modal yang diperlukan untuk membeli obat tersebut per satu satuan obat yang terkecil (bukan kemasan beli dari vendor obat).

  • Qty Stock
    Qty Stock adalah jumlah obat saat ini sesuai dengan catatan komputer. Jika dokter berdisiplin dan selalu memasukkan data pemakaian obat dalam komputer maka nilai yang ditunjukkan harusnya sesuai dengan jumlah fisiknya.

  • Qty Stock Minimum
    Qty Stock Minimum adalah jumlah obat minimum yang harus ada dalam persediaan dokter / klinik. Jika jumlah obat sudah kurang dari jumlah minimum yang ditetapkan maka nama obat ini akan muncul dalam laporan "Daftar Persediaan Obat Habis / Minimum".

  • Satuan
    Satuan adalah satuan jual terkecil yang digunakan.

    Nilai Stock pada layar ini akan berkurang apabila tombol "Validasi" pada layar Billing Pasien di klik.

5. Kode Tarif

Form ini berisi kode tarif dan keterangan tarif yang akan digunakan pada form Billing Pasien. Semua kode tarif harus unik dan diawali dengan huruf 'T' (sekedar mengingatkan semua kode obat diawali dengan huruf 'O'



 Walaupun nilai rupiah tarif dan keterangan tarif yang ada di form ini akan muncul secara otomatis pada form Billing Pasien, namun keterangan dan nilai tersebut masih tetap dapat diubah pada saat di form Billing.